Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi

Default

Written by:

Sebagai seorang ibu yang baru saja melahirkan, tentunya ada beberapa hal yang perlu diketahui. Misalnya cara mengatasi masuk angin pada bayi. Terutama jika bayi baru saja lahir dan mengalami perut kembung pada bayi sehingga merasa kurang nyaman. Seringkali ibu menjadi bingung apa yang harus dilakukan. Kebanyakan juga cenderung tidak ingin memberikan pengobatan secara asal karena khawatir akan efek yang bisa ditimbulkan. Oleh sebab itu jika ingin tahu bagaimana langkah yang paling tepat untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini beberapa cara mengatasi masuk angin pada bayi yang cukup efektif dan alami.

Oleskan Minyak Telon

Salah satu cara pertama yang bisa dilakukan yaitu memberikan olesan minyak telon pada sekujur tubuh bayi. Terutama di bagian tubuh yang mengalami perut kembung. Hal ini akan membantu supaya tubuh bayi lebih hangat sehingga tidak mudah berpotensi kembung dan merasakan masuk angin. Sebaiknya hindari memakai minyak kayu putih yang jauh lebih panas jika terkena kulit bayi.

Parutan Bawang Merah

Cara tradisional lainnya yang telah sering digunakan sejak jaman nenek moyang dahulu yaitu dengan menggunakan parutan bawang merah. Hal ini karena diyakini bahan herbal yang satu ini bisa memberikan rasa hangat di sekitar punggung dan perut bayi. Usapkan perlahan dan hati-hati supaya tidak mengenai organ tubuh bayi yang sensitif misalnya yaitu mata dan hidung. Sebaiknya cek apakah bayi memiliki resiko alergi terhadap bahan tersebut. Jika timbul bintik merah dan gatal maka sebaiknya jangan lakukan lagi hal tersebut pada bayi.

Pijat Bayi

Melakukan pemijatan pada bayi dengan tenik yang benar juga bisa membantu mengurangi rasa kembung pada perut bayi. Oleh sebab itu tidak ada salahnya mencoba memijat bayi secara rutin supaya dapat membantu kesehatan bayi lebih maksimal. Selain membantu mencegah kembung pada perut, pijat bayi juga membantu menghilangkan rasa pegal pada tubuh bayi akibat aktifitas yang dilakukan untuk bertumbuh.

Baca Juga :  Cara Menggemukan Badan Agar Tubuh Lebih Ideal

Benahi Posisi Menyusui Serta Sendawakan Bayi

Salah satu hal yang sering kali terlupakan oleh ibu menyusui yaitu posisi yang tepat untuk menyusui bayi. Hal ini terutama saat ibu terasa sangat lelah dan menyusui seadanya. Sehingga posisi bayi tidak nyaman dan menimbulkan potensi adanya perut yang kembung. Oleh sebab itu perhatikan jika bayi sering mengalami masuk angin, karena bisa jadi hal ini akibat posisi menyusui yang salah dan kurang benar. Ada baiknya mencari informasi akan hal tersebut supaya tidak melakukan kesalahan yang sama saat menyusui berikutnya.

Pilih Makanan Yang Aman

Alergi merupakan salah satu momok yang paling sering dialami oleh bayi. Selain itu masalah pencernaan seperti perut kembung ini juga merupakan efek yang paling banyak terjadi. Oleh sebab itu sebaiknya pilih makanan yang tidak banyak mengandung gas pada bayi yang sudah MPASI. Sehingga kondisi pencernaannya cukup nyaman dan tidak mengalami gangguan yang berarti seperti misalnya masuk angin tadi.

Itulah beberapa cara efektif untuk mengatasi masuk angin pada bayi. Sebaiknya, jangan sembarangan memberikan pengobatan terutama jika bayi baru lahir. Karena bisa jadi kulit bayi yang cukup sensitif jika terkena beberapa macam bahan yang berbahaya. Oleh sebab itu selalu konsultasikan pada dokter dan sebisa mungkin gunakan pengobatan herbal yang jauh lebih aman dan tanpa efek samping.

 

Comments are closed.