Ingin Tahu Cara Mengetahui Hamil Atau Tidak? Inilah Tandanya

Default

Written by:

Bagi para wanita banyak yang ingin tahu cara mengetahui hamil atau tidak dengan melihat gejala pada PMS dan Kehamilan. Siklus mentsruasi dan juga proses kehamilan biasanya akan mendapatkan beberapa tanda yang hampir mirip. Mulai dari perut keram, payudara terasa nyeri, mood yang sangat berantakan, dan juga rasa mual yang bisa membuat Anda bisa saja ingin muntah. Terkadang para wanita tidak sadar, dan cenderung bingug, bahwa apa yang dirasakan tersebut merupakan tanda menstruasi ataukah tanda kehamilan. Terutama bagi para wanita yang baru berkeluarga, pastinya tidak akan menyadari apa yang dirasakannya tersebut merupakan proses kehamilan yang tentunya akan menjadi kabar baik bagi para pasangan muda yang baru saja berkeluarga. Anda tidak perlu bingung lagi apakah memang yang Anda rasakan merupakan tanda awal kehamilah sebelum telat haid, ataukah Anda sedang merasakan PMS (premesntrual sydrome)?

Payudara Terasa Nyeri

Payudara terasa nyeri saat menstruasi dan juga tanda-tanda kehamilan. Para menstruasi payudara akan terasa nyeri, membengkak, selama paruh kedua siklus PMS. Anda bisa merasakan nteri yang bervariasi. Mulai dari sedang, hingga parah. Anda bisa mendapatkan rasa paling parah ketika sebelum mens. Rasa nyeri akan meningkat selama mens dan sesudahnya yang diakibatkan kadar progesteron turun. Payudara akan terasa padat, terutama di area luarnya.

Pada proses kehamilan Anda akan merasa sakit paydara Anda, sensitif, nyeri ketika disentuh, terasa penuh dan berat. Payudara Anda akan terasa bengkak dan hal ini terjadi satu sampai dua minggu setelah pembuahan. Rasa nyeri tersebut akan berakhir setelah kadar progesteron Anda meningkat akibat proses kehamilan. Ini juga bisa menjadi cara mengetahui hamil atau tidak, agar Anda tidak salah sangka apakah Anda hamil atau hanya PMS.

Baca Juga :  Cara Menggemukan Badan Agar Tubuh Lebih Ideal

Adanya Bercak Darah

Saat PMS tentunya darah akan keluar dan semakin deras. Itulah proses PMS yang meluruhkan sel telur yang ada pada rahim wanita. Sedangkan pada saat kehamilan, Anda akan mengalami pendarahan berwarna coklah tua pada awal kehamilan. Biasanya pendarahan ini terjadi setelah pembuahan, namun tidak akan deras seperti layaknya PMS.

Mood Swing

Tanda-tanda PMS biasanya bisa membuat Anda sensitif, mudah marah. Ada juga yang merasa muudah cemas, dan ingin menangis tanpa sebab. Namun tanda-tanda ini bisa menghilang saat PMS mulai.

Kondisi fisik dan juga mental akan sangat berpengaruh saat kehamilan. Hal inilah yang bisa membuat Anda merasa sangat sensitif, mudah marah, dan juga cemas. Ada kalanya Anda merasa sangat senang menyambut si bayi. Namun di saat yang lain, Anda juga bisa merasa sedih, dan takut. Kondisi semacam ini sangatlah wajar. Sehingga memang butuh adanya pendampingan dari pasangan Anda.

Kondisi Fisik Yang Mudah Lelah

Kondisi fisik akan terkuras saat mulai PMS. Gejala tersebut akan membuat Anda susah tidu. Untuk menghilangkannya Anda bisa berolahraga, sehingga bisa tidur dengan nyenyak.

Pada kondisi hamil hormn progesteron akan meningkat. Kondisi tersebut bisa membuat tubuh akan merasa sangat lelah. Oleh karenanya bagi para wanita yang sedang dalam proses kehamilan agar makan secara tereatur dan tidur yang cukup.

Ngidam

Biasanya pada saat PMS Anda juga ingin sekali makan-makanan yang gurih, asam, pedas, ingin makan cokelat, dan lain sebagainya. Hal ini sangatlah wajar, namun kadarnya lebih sedikit dari pada ketika Anda sedang hamil. Pada saat Anda hamil akan banyak hal-hal yang Anda inginkan secara tiba-tiba. Hal ini sangatlah wajar.

Baca Juga :  Cara Membuat Squishy Mudah Sendiri Di Rumah

Mual

Pada saat PMS biasanya perut juga akan terasa mual dan ingin muntah. Namun hal itu akan berakhir saat PMS berganti haid. Pada saat kehamilan mual biasanya dirasakan saat pagi hari. Ini yang dinamakan morning sickness, namun gejala ini tidak akan terjadi sepanjang hari.

Kram Perus

Kram perut atau yang dinamakan dusmenorrhea bisa terjadi hingga dua hari pada PMS. Rasa sakit ini akan berkuruang pada haid tiba. Ketika mengalami kondisi tersebut, Anda juga akan merasakan hal yang sama saat kehamilan Anda yang pertama. Dan bisa menghilang pada kehamilan selanjutnya. Hal ini merupakan tanda kehamilan dan bisa menjadi cara mengetahui Anda hamil atau tidak.

Comments are closed.