Makanan Untuk Ibu Menyusui yang Meningkatkan Produksi ASI

Default

Written by:

Bagi anda perempuan yang saat ini sedang mengandng atau menyusui, tentu anda ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati anda. Salah satu nutrisi yang sangat baik untuk buah hati anda tentu adalah ASI (air susu ibu). Nutrisi yang dikandung dalam ASI akan jauh lebih legkap dibandingkan dengan susu formula. Selain itu ASI yang baik diberikan kepada buah hati anda adalah ASI eksklusif yang berarti selama 6 bulan pertama setelah bayi anda lahir satu-satunya makanan yang dikonsumsi adalah ASI. Namun terkadang terdapat sedikit kendala dalam usaha memberikan ASI kepada si buah hati. Misalnya saja jumlah ASI yang terlampau sedikit. Ketika ASI yang akan anda berikat kurng memadai untuk buah hati anda, anda tentu cemas mengenai nutrisi yang akan diterima buah hati anda. Namun anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk membuat produksi ASI anda lebih banyak dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi buah hati anda. Beberapa jenis makanan di bawah ini merupakan makanan pelancar ASI yang dapat membantu tubuh anda memproduksi lebih banyak ASI. Oleh karena itu mom, baca sedikit review di bawah ini mengenai makanan untuk ibu menyusui.

Berikut jenis makanan untuk memperlancar ASI anda mom

Jenis makanan pertama yang diyakini untuk memperbanyak produksi ASI adalah daun katuk. Ini memang tidak salah, karena daun katuk memang merupakan tanaman laktogogue atau booster ASI herbal. Selain menambah produktivitas ASI, daun katuk bisa menambah kandungan vitamin A pada ASI anda. Anda bisa mengkonsumsi daun katuk dengan memasaknya menjadi sayur. Jenis makanan kedua yang jarang orang tahu dapat digunakan sebagai booster ASI adalah pepaya. Uniknya hampir semua bagian dari pepaya bisa dikonsumsi sebagai booster ASI. Bagian dari pepaya yang dapat digunakan sebagai booster ASI meliputi daun,  bunga, dan buahnya. Daun pepaya mengandung zat yang dapat mengaktifkan hormon menyusui hingga akan meningkatkan kuantitas ASI. Sementara didalam bunga dan buah pepaya terdapat enzim untuk membantu pencernaan protein yang bermanfaat dalam produktivitas ASI. Jenis makanan ketiga yang dapat digunakan sebagai peningkat produksi ASI adalah jenis kacang-kacangan. Jadi jenis kacang-kacangan merupakan makanan yang memiliki kandungan protein  tinggi. Hal ini akan membuat tubuh perempuan memproduksi lebih banyak ASI. Salah satu jenis kacang yang paling banyak mengandung protein adalah kacang hijau dengan kadar protein 20-25%. Sehingga seorang ibu menyusui membutuhkan sekitar 75-85% kacang-kacangan per harinya untuk meningkatkan kuantitas ASI nya. Jenis makanan terakhir ini sebenarnya bukan jenis makanan untuk meningkatkan kuantitas atau jumlah ASI, melainkan untuk meningkatkan kualitasnya. Jenis makanan yang dimaksud adalah ikan salmon. Ikan salmon selain memenuhi asupan kalsium dari si ibu tetapi juga meningkatkan kualitas dari ASIyang diproduksi. Jenis ikan ini mengandung banyak protein, DHA, dan Omega 3. DHA pada ASI berguna untuk perkembangan sistem syaraf buah hati sedangkan omega 3 berguna untuk membantu perkembangan otak anak.

Baca Juga :  Mengobati Perut Kembung Bayi, Gak Perlu Bingung

Kualitas dan kuantitas ASI harus seimbang

Sebagai ibu yang baik tentu selain harus meningkatkan produksi ASI untuk buah hati anda, anda juga tidak boleh melewatkan kualitas dari ASI yang anda produksi. Kombinasi dari jenis makanan di atas sangat disarankan sebagai makanan untuk ibu menyusui sebagai pelancar ASI. Selain mengkonsumsi jenis makanan di atas, sang ibu menyusui juga ahrus lebih sering menyusui buh hatinya atau rajin memompa ASI ketika jauh dari si buah hati. Hal ini juga dikarenakan produksi ASI dipengaruhi oleh hormon prolaktin yang dihasilkan dari stimulasipada puting. Jadi jadilah smart mam yang memperhatikan kualitas dan kuantitas dari ASI yang diberikan untuk si buah hati.

Comments are closed.