Mengobati Perut Kembung Bayi, Gak Perlu Bingung

Default

Written by:

Perut kembung merupakan kondisi pada bayi dimana perut terisi oleh angin. Perut kembung sering dialami oleh bayi, karena sistem pencernaan bayi belum bisa mengeluarkan angin dengan mudah. Pada bagian lambung, memang terdapat udara. Ada kalanya udara tersebut terdapat dalam jumlah yang berlebih. Pada tubuh orang dewasa, udara berlebih tersebut bisa dikeluarkan dengan mudah. namun, pada bayi proses untuk mengeluarkan udara berlebih tersebut tidak mudah. oleh karena itu, udara tersebut menjadi terperangkap di dalam perut dan menyebabkan perut menjadi kembung.

Perut kembung sering menyebabkan bayi menjadi rewel dan mudah menangis. Hal ini sering membuat orang tua menjadi panik, karena bayinya tidak berhenti menangis. Bagian perutnya juga akan terasa mengeras jika disentuh. Hal tersebut terjadi karena angin atau udara yang terperangkap di dalam perut. Jika bayi Anda mengalami hal tersebut, Anda harus segera mengobati perut kembung pada bayi Anda. Anda bisa melakukan cara berikut untuk mengatasi perut kembung pada bayi.

Cara Mudah Mengobati Perut Kembung Bayi

Bayi sering rewel, mungkin merupakan tanda perut kembung. Ketika mengalami perut kembung, bayi akan sering membuat gerakan seperti meliuk-liukan badannya. Karena perutnya terasa sangat tidak nyaman. Jika bayi Anda mengalami perut kembung, Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda bisa mengobati perut kembung tersebut dengan cara berikut ini.

1.     Ibu Harus Menjaga Makanan

Perut kembung pada bayi juga bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Kandungan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi, akan menjadi kandungan nutrisi ASI. Sehingga makanan yang dimakan ibu akan mempengaruhi kesehatan bayi. Sebaiknya, Anda menghindari makanan yang menghasilkan banyak gas. Misalnya seperti kembang kol dan makanan lainnya yang menghasilkan gas. Dengan menghindari makanan yang menghasilkan gas, kemungkinan terjadi perut kembung pada bayi bisa diminimalisir.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi

2.     Memberi Minyak Telon Pada Bagian Perut

Anda bisa memberikan minyak telon pada bagian perut bayi. Sembari menyapu minyak telon tersebut, berikan tekanan yang lembut. Hal tersebut akan mempermudah proses keluarnya angin dari dalam tubuh bayi. Jangan terlalu kuat menekan karena keberadaan angin di dalam membuat perut bayi terasa sakit. Cukup berikan tekanan yang lembut. Rasa hangat yang lembut dari minyak telon juga bisa memberi rasa nyaman pada bayi. Selain itu, rasa sakit yang dialami bayi juga bisa berkurang. Anda juga bisa memberikan minyak telon, rutin setiap selesai mandi. Agar perut kembung pada bayi tidak mudah datang kembali.

3.     Gunakan Air Hangat

Rasa hangat dari air mampu memberikan rasa nyaman di kulit bayi. Selain itu, air hangat tersebut juga bisa membantu mengeluarkan angin dari tubuhnya. Sehingga perut kembung bisa diatasi dengan mudah. Selain mandi air hangat, Anda juga bisa memberikan minum air hangat. Hal ini juga bisa membantu proses pengeluaran angin dari tubuh bayi. Anda juga bisa mengkompres perut bayi dengan menggunakan kain yang dibasahi air hangat. Sembari memberikan pijatan lembut pada bagian perutnya. Agar angin di dalam perut bisa keluar dengan cepat.

4.     Menyusui Sebelum Bayi Terlalu Lapar

Ketika bayi terlalu lapar, banyak angin yang bisa mengisi perutnya. Sehingga ketika diberi ASI, perut bayi sudah terisi dengan angin terlebih dahulu. Sama halnya dengan orang dewasa yang terlambat makan. Oleh karena itu, usahakan menyusui ketika bayi belum terlalu lapar. Agar ASI bisa mengisi perutnya terlebih dahulu sebelum angin. Dengan demikian, kondisi perut kembung pada bayi bisa dihindari.

 

Comments are closed.