Cara-Cara Mengurangi Mual Saat Hamil

Default

Written by:

Ada berbagai macam cara untuk mengurangi mual saat hamil. Hal ini memang cukup penting karena biasanya di awal kehamilan maka ibu akan sering kali merasa kurang enak badan dan terasa ingin sering muntah. Hal inilah yang membuat cara mengatasi mual di kehamilan trimester pertama adalah sesuatu yang cukup penting. Bahkan sebagian ibu hamil bisa jadi harus dirawat akibat dehidrasi dari rasa mual berlebihan tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini beberapa tips mengurangi mual saat hamil yang cukup mudah dan bermanfaat.

Mengatur Jadwal Makan

Salah satu cara yang sederhana dan bisa membantu untuk mengatasi rasa ingin muntah di awal kehamilan yaitu dengan jalan mengatur jadwal makan. Bisa dengan makan sedikit-sedikit saja, tetapi dengan porsi yang diatur. Dengan demikian maka perut tidak terasa penuh dan tidak mudah merasa ingin muntah. Hindari makan langsung dalam porsi besar dan sebaiknya pilih untuk rutin mengkonsumsi sesuatu dalam porsi kecil secara teratur. Hal ini umumnya sangat membantu agar rasa mual dapat ditekan secara maksimal.

Pakai Aromaterapi

Cara selanjutnya yaitu menghindari bau yang sangat menyengat dan membawa aromaterapi kemana saja. Umumnya ibu hamil akan segera merasa mual jika membau sesuatu yang cukup menyengat dan tajam. Oleh sebab itu yang terbaik yaitu menghindari bau yang tak sedap. Misalnya menghindari orang yang sedang merokok atau sebaiknya hindari konsumsi makanan dengan bau yang khas. Dengan demikian maka rasa mual dapat ditahan dan dikurangi.

Hindari Tidur Sesudah Makan

Berikutnya untuk cara mengurangi mual saat hamil yaitu dengan berusaha tidak langsung tidur saat setelah makan. Karena jika perut penuh maka bisa jadi terasa tertekan dan mudah ingin muntah. Dengan menghindari tidur sesudah makan juga membantu memberi jeda proses pencernaan untuk bekerja sehingga tidak menumpuk di lambung. Umumnya lambung yang tertekan saat hamil waktu tidur merupakan salah satu penyebab yang paling sering dari timbulnya rasa mual. Akibat desakan dari janin yang ada di dalam perut ke arah lambung, maka ibu hamil sering kali merasa kurang nyaman saat hendak tidur. Oleh sebab itu memberikan jeda antara makan dan tidur merupakan hal yang cukup penting untuk dilakukan terutama memasuki trimester ketiga kehamilan untuk menghindari resiko heartburn dan muntah.

Baca Juga :  Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

mengurangi mual saat hamil

Minum Air Lemon

Untuk mengurangi rasa mual maka bisa dengan mengkonsumsi segelas air lemon hangat di pagi dan sore hari. Terutama saat pagi hari dimana kondisi ibu hamil mudah mual dan merasa ingin muntah. Mengkonsumsi air lemon memberikan rasa sedikit masam tetapi nyaman di mulut. Sehingga membantu untuk mengalihkan rasa ingin muntah menjadi lebih segar dan menyenangkan. Oleh karena itu mencampurkan lemon dengan segelas air hangat bisa menjadi salah satu hal yang cukup baik untuk dilakukan selama trimester awal kehamilan.

Itulah beberapa cara mengurangi mual saat hamil. Dengan melakukan beberapa cara di atas, maka bisa jadi kehamilan tidak akan banyak mengalami masalah dengan rasa mual dan ingin muntah. Apabila hal ini bisa terlewati dengan baik, maka umumnya janin akan berkembang dengan baik di trimester berikutnya. Tentunya kehamilan merupakan anugerah yang istimewa, hanya saja tidak semua ibu mampu menjalani secara maksimal terutama saat menghadapi gejala-gejala kehamilan termasuk mual. Melalui informasi yang telah disebutkan di atas, tentunya kehamilan dapat dijalani dengan lebih baik dan optimal.

Comments are closed.