Asam Folat, Nutrisi Ibu Hamil Yang Sangat Penting

Default

Written by:

Saat hamil seorang ibu harus mendapatkan nutrisi yang lengkap. Dengan nutrisi tersebut kondisi tubuh ibu hamil akan lebih sehat, dan memenuhi semua kebutuhan untuk anak yang di kandungannya. Salah satu nutrisi ibu hamil yang perlu diberikan saat proses kehamilan adalah asam folat. Dimana asam folat yang merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9 ini akan sangat membantu pada saat kehamilan hingga proses persalinan nantinya. Berikut beberapa manfaat asam folat untuk ibu hamil, sehingga Anda bisa memahami bagaimana kebutuhan asam folat tersebut untuk kandungan Anda.

Memproduksi Sel Darah Merah

Asam folat bisa meningkatkan sel darah merah. Dimana hal tersebut sangat penting saat proses kehamilan dimana Anda akan mengalami anemia atau kekurangan zat besi. Asam folat ini bisa memproduk sel darah merah dan membuatnya stabil dalam tubuh Anda.

Mencegah Cacat Tabung Saraf

Asam folat juga sangat bermanfaat terhadap bayi yang berada di dalam kandungan. Asam folat tersebut akan membantu terbentuknya saraf bayi yang masih dalam kandungan, yang dinamakan tabung saraf janin yang kelak akan menjadi otak dan tulang bagian belakang bayi. Dengan bantuan asam folat ini maka saraf-saraf tersebut akan terlindungi dan bisa membuat bayi Anda akan aman dari cacat sebelum lahir yang dinamakan spina bifida atau cacat tabung saraf.

Mencegah Bibir Sumbing

Cacat bawaan berupa bibir sumbing dan langit-langit mulut yang terbelah bisa dicegah dengan asam folat. Hal itu sudah dibuktikan melalui berbagai macam penelitian kesehatan yang dilakukan oleh para peneliti dari national institue of enviromental helatg science.

Mencegah Cacat Jantung Bawaan

Asam folat selain mampu membantu produksi sel darah merah juga bisa membantu membentuk pembuluh darah pada bayi. Dimana ketika terjadi kelainan jantung bawaan tersebut akibat tidak terbentuknya pembuluh darah pada jantung bayi. Hal itu tentunya akan membuat bayi tersebut memiliki kemungkinan hidup yang sangat kecil.

Baca Juga :  Ingin Tahu Cara Mengetahui Hamil Atau Tidak? Inilah Tandanya

Mengurangi Risiko Lahir Prematur

Jika kamu berkonsultasi dengan dokter ketika sedang merencanakan kehamilan, ada kemungkinan kamu akan disarankan mengonsumsi suplemen asam folat. Sebuah studi dari tim Radek Bukowski di University of Texas Medical Branch menunjukkan, perempuan yang mengonsumsi asam folat setidaknya setahun sebelum hamil bisa mengurangi risiko kelahiran prematur hingga 50%.

Suplemen asam folat sangat penting untuk nutrisi ibu hamil. Dengan asupan tersebut bisa mencegah terjadinya risiko lahir prematur. Asam folat juga bisa mencegah keguguran. Karena memang asam folat ini akan membantu terbentuknya berbagai macam organ darah dan juga melindungi tubuh janin ketika masih di dalam kandungan.

Mencegah Preeklamsia Dan Diabetes Gestasional

Kondisi saat melahirkan juga memiliki berbagai macam risiko yang ada. Beberapa risiko tersebut seperti preeklamsia atau tekanan darah tinggi saat hamil dan terjadi pada 5% kehamilan. Selain itu ada juga diabetes gestasional atau diabetes yang terjadi saat hami. Kondisi tersebut tentunya akan sangat berisiko saat melahirkan dan juga sangat berbahaya bagi janin yang ada di dalam kandungannya. Oleh karena itulah asam folat sudah terbukti sesuai dengan berbagai macam penelitian, mampu membantu dan memperbaiki kondisi darah dan juga peredaran metabolisme di dalam tubuh. Dengan kondisi tersebut tentunya akan menghindarkan Anda dari preeklamsia dan diabetes gestasional.

Beberapa suplemen yang mengandung asam folat adalah sayuran hijau seperti bayam, sawi, kubis, seledri, asparagus, dan selada. Buah-buahan juga banyak yang mengandung asam folat, seperti alpukat, jeruk, tomat, pisang, dan pepaya. Anda juga bisa mengkonsumsi hati aya, jagung, kacang-kacangan, telur, dan berbagai macam asupan lainnya yang mengandung asam folat.

Jadi penuhi sekarang juga asupan asam folat saat Anda hamil.

Baca Juga :  Mengobati Perut Kembung Bayi, Gak Perlu Bingung

Comments are closed.